Produk dan Jasa Kami


Pengembangan / Pembangunan


Merupakan jasa pengembangan / pembangunan (developing) sistem informasi yang akan di develop sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan klien sebagai user. Pengembangan aplikasi lebih di mengutamakan kemudahan dan kepraktisan dalam hal operasional sehingga user merasa lebih mudah dalam menggunakan aplikasi (User Frendly). Beberapa diantaranya adalah :

  • Sistem Informasi Manajemen

    Merupakan aplikasi yang memberikan solusi dalam pengelolaan sistem informasi manajemen yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja dalam suatu perusahaan atau instansi pemerintahan. Aplikasi ini mencakup, sistem informasi penatausahaan barang, sistem informasi sumber daya manusia, sistem informasi manajemen kepegawaian, sistem informasi keuangan, dan lain-lain

  • Enterprise Portal

    Merupakan aplikasi yang berbasis pada internet dan merupakan media komunikasi baik untuk kepentingan pemerintahan / perusahaan atau untuk memberikan informasi kepada publik. Aplikasi ini dibangun atas modul information portal.

    Sektor sektor yang bisa dimanfaatan sistem ini :

    • Pendidikan
    • Pemerintahan (Government)
    • Perusahaan Swasta (Corporate)

  • Web Interactive Presentation

    Web Interactive Presentation merupakan suatu pelayanan jasa yang merancang dan membangun suatu Company Profile Government / Corporate, Catalog Product, dan Laporan - laporan dari Pemerintahan / Perusahaan dalam bentuk web, yang menarik dan dinamis.

  • Development and Integration

    Merupakan penyediaan jasa kepada klien yang berupa solusi pengembangan sistem informasi / atau aplikasi komputer yang di kastem sedemikian rupa sesuai kebutuhan klien untuk dapat diintegrasikan dengan sistem yang lain sesuai dengan kebutuhan klien.


Pemeliharaan dan Implementasi Aplikasi


Adalah jasa pendampingan implementasi aplikasi (asistensi) kepada klien secara on site sesuai dengan kebutuhan klien, pemeliharaan disini tidak hanya memastikan sistem informasi / aplikasi dapat terus berjalan dan dapat digunakan tetapi termasuk juga beberapa Custom yang sifatnya minor sesuai dengan kebutuhan klien dan juga perubahan paket policy dan regulasi dari klien.


Pengadaan Aplikasi


Merupakan kegiatan bisnis dengan klien berupa pemasangan aplikasi prototyping produk yang sebelumnya sudah dibangun oleh Optima Indosolution dan menjadi produk (fixed) yang dimiliki oleh Optima Indosolution. Beberapa diantaranya merupakan bagian dari penerapan E-Goverment antara lain :

Aplikasi E-Government

  • SIMBANSOS (Sistem Informasi Manajemen Bantuan Sosial), untuk Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan Dinas Sosial.
  • SIMPERDIN (Sistem Informasi Manajemen Perjalanan Dinas), untuk semua SKPD.
  • SIPANDA (Sistem Informasi Pendapatan Daerah), untuk penatausahaan pajak dan retribusi daerah, untuk Dinas Pendapatan Daerah
  • SMARTKADA (Sistem Informasi Manajemen Anggaran dan Akuntansi Keuangan Daerah), untuk Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
  • SPAKAD (Sistem Informasi Keuangan Desa), untuk pengelolaan keuangan desa /kelurahan
  • SIM LHP (Sistem Informasi Manajemen Laporan Hasil Pemeriksaan) untuk Inspektorat Daerah
  • SIM MONEV (Sistem Informasi Manajemen Monitoring Evaluasi) untuk Inspektorat Daerah
  • SIM Aset (Sistem Informasi Manajemen Aset), untuk pengelolaan dan penatausahaan Aset untuk SKPD
  • Aplikasi E-Note Produk Hukum, untuk pengelolaan dan penatausahaan SK, Perda, Perbup yang dikeluarkan oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah
  • Sistem Persediaan-BHP (APERSI), untuk pengelolaan dan penatausahaan barang habis pakai yang ada disetiap Perangkat Daerah

Aplikasi Khusus RSUD (SIM-RS)

  • DMS (Dynamic Medical System) Sistem informasi rekam medik dan billing Rumah Sakit
  • DPI (Dynamic Pharmacy Inventory) / Sistem Informasi Penatausahaan Persediaan Obat dan Bahan Medis Untuk RSUD dan Dinas Kesehatan
  • SIM Remunerasi RSUD (Sistem Informasi Manajemen Remunerasi Gaji dan Tunjangan) untuk Dokter, dan semua pegawai Rumah Sakit Umum Daerah
  • SIM Logistik (Sistem Informasi Manajemen Logistik), untuk pengelolaan dan penatausahaan persediaan logistik RSUD dan SKPD
  • SIM- KeuBLUD (Sistem Informasi Manajemen Keuangan Badan Layanan Umum Daerah), untuk semua layanan BLUD

Hardware & Networking


Merupakan kegiatan pengadaan perangkat komputer dan telekomunikasi meliputi perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan perangkat jaringan komputer lainnya (networking)


Training


Merupakan penyediaan layanan pelatihan IT dan pelatihan lainya terkait dengan paket regulasi di pemerintahan (Pemerintah Daerah) yang aktual untuk pengembangan SDM dan juga pelatihan manajemen perusahaan dengan teknologi dan konsep yang berhubungan dengan aspek IT yang didukung oleh tenaga trainer yang professional.

Training IT meliputi :

  • Pembuatan website untuk Instansi Swasta / Pemerintah
  • Penggunaan Aplikasi Perkantoran & Internet
  • Manajemen Database dan pemrograman
  • Instalasi Komputer , Troubleshooting & Jaringan computer
  • Analisis Database
  • Grafik Design, Multimedia & Animasi

Pelatihan / Training Paket kebijakan untuk Pemerintah Daerah dan regulasi lainya untuk pengembangan SDM meliputi :

  • Training penyusunan Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah
  • Training penerapan Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual
  • Training penyusunan Laporan Keuangan SKPD dan BLUD
  • Training penyusunan Laporan Keuangan Desa
  • Training evaluasi dan kinerja terkait Pemerintahan Daerah
  • Training Pengelolaan Barang Milik Daerah (Aset Daerah)